ELECTRICAL COMPETITION 2019

Pada hari Senin tanggal 4 November 2019, Himpunan Mahasiswa Elektro FT UNY melaksanakan Electrical Competition 2019 (ELCO2019). Kegiatan dilaksanakan di gedung KPLT Fakultas Teknik UNY lantai 3. Electrical Competition merupakan kegiatan lomba PLC tingkat SMK, serta untuk ELCO2019, selain perlombaan PLC, juga diadakan lomba video tutorial tentang "Kelistrikan" yang telah dibuat oleh peserta ELCO2019 sebelum hari-H pelaksanaan ELCO2019.

Acara dimulai pukul 07.30 dibuka dengan kata sambutan oleh Bapak Totok Heru Tri Maryadi, M. Pd. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY, kemudian dilanjutkan dengan perlombaan babak I. Dalam babak pertama ini peserta mengerjakan 50 soal pilihan ganda dengan durasi 60 menit. Setelah peserta menyelesaikan babak pertama, peserta lomba yang berjumlah 27 tim dibagi menjadi tiga sesi yang satu sesi terdiri dari 9 tim untuk melanjutkan ke babak kedua. Dalam babak II ini dimulai aplikasi penerapan program ke zelio smart relay. Pada babak II pula terdapat pengeliminasian  tim dari 27 tim menjadi 16 tim yang lolos ke babak selanjutnya.

Setelah selesainya babak II, acara dilanjutkan ke babak III. Dalam babak III inilah terdapat pengeliminasian dari 16 tim menjadi 6 tim untuk menuju ke babak final. Di babak final ini, tim yang lolos diarahkan ke Bengkel Instalasi Listrik Jurusan Pendidikan Teknik Elektro untuk melangsungkan pertandingan disana. Sedangkan untuk tim yang tidak lolos ke babak final dipandu oleh panitia untuk Tour ke Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Pada babak final peserta dituntut untuk bisa merealisasikan aplikasi kendali untuk mengendalikan motor listrik tiga fasa berbasis PLC Zelio Smart Relay.

Setelah babak final selesai semua tim diarahkan kembali ke Aula KPLT lantai 3 Fakultas Teknik UNY untuk mendengarkan pengumuman hasil perlombaan. Ada empat penghargaan yang diberikan, tiga penghargaan untuk perlombaan PLC dan satu penghargaan untuk perlombaan video tutorial. SMK N 2 Cilacap berhasil meraih juara I, Tim 1 dari SMK N 2 Kendal sebagai juara II, juara III diraih oleh Tim 2 dari SMK Karya Guna 1 Bekasi, dan juara video tutorial diraih oleh Tim 1 dari SMK Karya Guna 1 Bekasi. Kegiatan Electrical Competition ini ditutup dengan sesi foto bersama antara panitia Electrical Competition 2019 dan para peserta lomba.